Adat Mandi Belimau Tradisi Menjalin Silaturahmi

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Upacara adat mandi belimau merupakan adat budaya tradisi masyarakat Desa Kimak dan Jada Bahrain yang ada di Lubuk Bunter Desa Kimak Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Ritual adat tersebut dilakukan setiap tahun, pada saat menjelang bulan puasa Ramadhan, dalam rangkaian Festival Depati yang mengambil tema "Melestarikan dan mengembangkan adat mandi belimau dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H dalam rangka mendukung terwujudnya Bangka Setara".

Bupati Bangka Mulkan SH. MH menyampaikan rasa syukurnya, karena kegiatan mandi belimau pada hari ini dapat dilaksanakan.

"Adat mandi belimau jangan salah mengartikan dan menafsirkan, semua itu tidak perlu untuk diperdebatkan. Kegiatan ini yang pertama untuk bersilaturahmi, yang kedua untuk meneruskan adat istiadat yang sudah ada dan yang ketiga untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan," jelasnya.

Mulkan mengatakan, perwujudan yang terkandung dari nilai-nilai adat tersebut adalah adanya silaturahmi. Dengan adanya adat mandi belimau, banyak masyarakat yang datang untuk berziarah ke makam Depati Bahrain.

"Tidak ada salahnya kita datang kesini untuk mendoakan arwah orang yang sudah meninggal. Jadi hal ini seperti tidak perlu lagi dipermasalahkan dan diperdebatkan," tukasnya.

Dia menuturkan, bahwa di Kabupaten Bangka ini banyak orang yang pintar, tetapi belum berkontribusi untuk Pemerintah Kabupaten Bangka.

"Agama tidak perlu kita perdebatkan, kalau ingin mandi belimau silahkan. Jika tidak ingin mandi juga tidak apa-apa. Intinya upacara mandi belimau ini yang utama adalah bagaimana kita meningkatkan tali persaudaraan dan ukhuwah Islamiah," tegas bupati.

Bupati Bangka pada kesempatan tersebut juga menyampaikan, akan mengaspal jalan menuju ke Makam Depati Bahrain sepanjang 2 km yang dianggarkan di tahun 2019 menggunakan data APBD sebesar kurang lebih Rp3 miliar.

Kegiatan ini dihadiri oleh keluarga besar Depati Bahrain, wakil Bupati Bangka, ketua DPRD Kabupaten Bangka, Forkominda Kabupaten Bangka, Dharma Wanita Pemkab Bangka, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan tamu undangan lainnya. (BBR)

Sumber: 
Babel Review
Penulis: 
Ibnu

Berita

Kampung Ramadan Desa Kimak, memiliki Gapura yang dibuat oleh pemuda RW 05 tergabung dalam majelis pemuda diberikan nama Teras Inspirasi
08/05/2019 | http://bangka.tribunnews.com/2019/05/08/jadikan-tempat-wisata-religi-desa-kimak-berinovasi-buat-kampung-ramadan

Berita Berdasarkan Kategori